Come & Click Net

Warnet di kota blitar yang pertama kali menggunakan layanan SPEEDY/ADSL yaitu warnet Come & Click yang berada di jalan wilis mempercayakan servernya diisi dengan linux. Untuk pengenalan ke klien aplikasi OSS juga di sertakan, disamping itu pemilik dan pengelola warnet mendapatkan CD Gratis UBuntu versi LTS 6.06. Sebagai pengenalan ke linux dengan menggunakan Ubuntu yang diperoleh dari shippit.ubuntu.com menjadikan perkenalan tersebut berkesan 🙂 (asli dari luar negeri).

Setelah mencoba liveCD ubuntu, pihak pengelola tertarik menggunakan ubuntu. Namun ada beberapa hal kemudian ketertarikan tersebut menjadi surut di karenakan ada beberapa hal yang menjadikan terhambat, misalnya masalah:

  • kebutuhan hardware yang tidak mendukung (komputer hanya sekelas p2, ram 128Mb)
  • CD Ubuntu yang plugin dan asesorisnya kurang untuk kebutuhan warnet pada umumnya (java plugin, flash plugin, dll)
  • kurangnya waktu untuk pengenalan terhadap linux itu sendiri

Meskipun masalah diatas bisa diatasi dengan mudah misal dengan mengupgrade h/w yang ada dan mendownload/update ubuntu serta belajar pengoperasian ubuntu sendiri (terlebih dulu kenal dengan windows), semua itu akan memakan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Namun semangat penggunaan Open Source tidak begitu saja mati, aplikasi penyerta dalam CD Ubuntu masih bisa di gunakan di windows, semisal Mozilla Firefox, Gaim, dll.

Demikian Linux (Ubuntu) berada di Warnet Come & Click Blitar, tetap semangat menggunakan Linux dan Open Source !!!